Artikel

Home » Artikel » Jepang Meluncurkan Teknologi Solusi Problema Parkir
Jepang Meluncurkan Teknologi Solusi Problema Parkir

Jepang Meluncurkan Teknologi Solusi Problema Parkir

February 25, 2017, 02:13:09
Jepang Meluncurkan Teknologi Solusi Problema Parkir

Liputan6.com, Tokyo: Persoalan lahan parkir yang terbatas di sejumlah sentra bisnis di kota besar adalah masalah klasik yang mendunia. Untunglah, kini problema itu sudah teratasi. Perusahaan konstruksi Akio Kitamura telah meluncurkan terobosan revolusioner tempat parkir di areal krisis lahan penyimpanan kendaraan, baru-baru ini, di Tokyo, Jepang. Solusi itu adalah hasil penerapan dari teknologi penyimpanan bertingkat dengan metoda tekanan hidrolik dengan getaran lembut maupun suara yang dijamin tak bising. Para pemilik kendaraan cukup memasukkan kartu akses dan menempatkan kendaraannya pada lantai elevator. Seterusnya, mesinlah yang bakal memarkir kendaraan.

Di kota-kota besar, parkir kerap menjadi masalah yang pelik. Keterbatasan lahan parkir dan jumlah kendaraan yang terus bertambah tak jarang menciptakan pemandangan yang semrawut. Misalnya, seperti yang terlihat di pinggiran Kota Tokyo. Di sana, para karyawan memulai perjalanan ke kantor dengan menitipkan sepeda atau kendaraan roda empat di tempat penitipan.

Bagi perusahaan Akio Kitamura, krisis lahan parkir bukan masalah buat teknologi mereka. Untuk mobil, tersedia tempat parkir berukuran dalam 11 meter dan diameter 18 meter yang mampu menyimpan 50 unit roda empat. Memarkir atau mengeluarkan mobil hanya memerlukan waktu 20 detik. Karena berada di dalam ruang tertutup di bawah tanah, tempat parkir spesial ini dijamin bebas dari pencuri.

Sementara buat sepeda, tersedia tempat penitipan berbentuk silinder, dengan ukuran dalam 11 meter dan diameter tujuh meter serta mampu menampung 144 unit roda dua. Untuk menyimpan atau mengeluarkan sepeda hanya memerlukan waktu 10 detik. Para pemilik sepeda bisa mengandalkan penawaran pelayanan yang cepat, aman, plus bebas hujan.

Teknologi yang digunakan dalam sistem perparkiran ini memungkinkan untuk membangun lahan parkir di bawah gedung perkantoran. Teknologi tadi sangat ideal digunakan pada kawasan yang padat penduduk. Sehingga tempat parkir bertingkat dalam tanah itu dapat dibangun tanpa mengganggu kenyamanan warga setempat. Dan yang penting, membantu mempercantik penampilan kota.(BMI/Sud)

Share:

Related Posts

Perlengkapan untuk Sytem Parkir
Tarif Parkir Termahal di Dunia
Tarif Parkir di Bandung
System Parkir Prabayar
Cara walikota bandung Ridwan Kamil agar kendaraan tak parkir sembarangan
Ridwan Kamil Bongkar Lahan Parkir di Mal PVJ
Penyebaran 148 Mesin Parkir Elektronik di Kota Bandung
x

Hubungi WA



Choose your Style
Layout Style