Artikel

Home » Artikel » Cara walikota bandung Ridwan Kamil agar kendaraan tak parkir sembarangan

Cara walikota bandung Ridwan Kamil agar kendaraan tak parkir sembarangan

October 10, 2014, 17:22:47

BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK) memimpin razia gabungan Dishub, Satpol PP, Kepolisian, dan TNI untuk memberantas parkir liar di beberapa ruas jalan di Kota Bandung, Jawa Barat.
 
Seperti biasanya, pria berkacamata itu memimpin rombongan dengan mengendarai sepeda birunya.

Berdasarkan pantauan Okezone, razia diawali dari Jalan Wastukencana, Jalan Cicendo, Jalan Kebon Kawung, Jalan Oto Iskandardinata, Jalan Ibu Inggit Ganarsih, dan terakhir di Jalan Ciateul. Setiap ada kendaraan yang melanggar, RK yang bergerak paling depan langsung turun dari sepedanya dan menghampiri kendaraan ter‎sebut.

Ada tiga sepeda motor yang parkir di atas trotoar diangkut truk milik Satpol PP. Sementara motor dan mobil yang diparkir di tempat tidak seharusnya diberi tindakan berupa penggembokan dan penempelan stiker khusus.

“Per tanggal sekarang atau sembilan bulan lebih, ada 2.500 motor dan mobil yang digembok. Sampai sekarang ada penurunan, tapi tetap masih banyak,” kata RK, Jumat (22/8/2014).

Lantaran terbatasnya gembok, ke depan pihaknya akan menempel stiker teguran di kendaraan-kendaraan yang melanggar. Isinya Perda Nomor 16 Tahun 2012 dan Perda Nomor 3 Ttahun 2005 juncto Perda Nomor 11 Tahun 2005.

RK mengungkapkan, stiker tersebut berbahan khusus yang sulit dicabut. Kalau pun stiker tersebut dicabut maka akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

"Kami desain khusus yang susah dicabut dan ada bekasnya. Jadi kalau dia hobi melanggar bakal keliatan banyak bekas stikernya. Untuk sekarang kami gembok dan tempel stiker dulu untuk perubahan mental. Kalau tiga bulan tidak ada perubahan kami lakukan denda," tegasnya.

Dia berharap dengan tindakan tegas tersebut akan menciptakan tertib lalu lintas di Kota Bandung.

Langkah lain yang akan dilakukannya untuk menciptakan ketertiban lalu lintas adalah menyiapkan relawan dishub.

“Kami sedang siapkan relawan dinas perhubungan (Dishub),” tuturnya.

Para relawan tersebut ‎ada di setiap kecamatan. Mereka akan menutupi kekurangan personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung untuk melaksanakan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) institusi tersebut.

“Jangan ada lagi yang parkir di tempat yang tidak seharusnya, seperti tadi ada yang di pedestrian,” tandasnya.
(ton)

Share:

Related Posts

Perlengkapan untuk Sytem Parkir
Tarif Parkir Termahal di Dunia
Tarif Parkir di Bandung
System Parkir Prabayar
Ridwan Kamil Bongkar Lahan Parkir di Mal PVJ
Penyebaran 148 Mesin Parkir Elektronik di Kota Bandung
Jepang Meluncurkan Teknologi Solusi Problema Parkir
x

Hubungi WA



Choose your Style
Layout Style